'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Rakor PDA Majelis Dikdasmen bersama PCA Majelis Dikdasmen dan IGABA
14 Maret 2022 20:07 WIB | dibaca 376

 

 

SUKOHARJO - Dalam rangka mensosialisasikan program kerja perpanjangan tahun 2022 jelang Muktamar Muhammadiyah ke-48, PDA Sukoharjo Majelis Dikdasmen mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan menghadirkan 12 Ketua PCA Majelis Dikdasmen dan IGABA Se-Kabupaten yang bertempat di Aula Kantor PDM Sukoharjo, Senin ( 14/3 ).

Rakor kali ini mengusung tema “Perempuan Berkemajuan Mencerahkan Peradaban Bangsa”. Pada kesempatan yang sama Maya Maria Hartanti, S.Pd., Ketua PDA Majelis Dikdasmen mengimbau agar tema tersebut selalu diusung di setiap kegiatan.

Hal penting diutarakannya bahwa setelah Rakor agar semua PCA Majelis Dikdasmen segera menindaklanjuti informasi yang diterima. Antara lain, membentuk PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dengan struktur Ketua, Sekretaris, Bendahara dan 3 Bidang (Pendidikan, Usaha, Humas). Unsur pengurus bisa melibatkan Majelis Ekonomi dan Tabligh.

Meskipun PKBM ini sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 2019, tetapi karena pandemi sempat terhenti. Maka di sisa waktu sebelum Muktamar agar disegarkan kemballi. Sebagaimana hasil PKBM ‘Aisyiyah Sukoharjo yang sudah bernilai uang, salah satunya produk Batik  Ecoprint atas prakarsa bidang Usaha yang saat Rakor ini ikut disajikan. Selain itu, bidang Usaha  juga siap menerima produk warga ‘Aisyiyah untuk dipasarkan. Adapun yang menjadi titik berat bidang Pendidikan adalah Literasi yang saat ini tengah penggarapan “Taman Baca ‘Aisyiyah”, yang juga merupakan amanah Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk segera ditindaklanjuti.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa telah dilaksanakan kegiatan ToF (Training of Fasilitator) Pandu HW PAUD secara serentak di 6 Karisidenan Se-Jawa Tengah selama 3 hari, 19, 26, 27 Februari 2022 secara daring dan luring. Sukoharjo telah mewakilkan 13 peserta yang terdiri dari 4 orang PDA, 8 guru IGABA serta 1 Kwarda HW. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut akan diadakan Orientasi Pandu HW PAUD yang pelaksanaannya menunggu waktu dari PWA dan Kwartir HW Wilayah Jateng. Jelang Orinetasi Dikdasmen Sukoharjo akan mengadakan Pra Orientansi pada 27 Maret mendatang dengan peserta perwakilan lembaga satu guru.

Sebagai closing informasi, Maya menginstruksikan agar PCA Dikdasmen segera mengajukan pembaharuan SK Pendidik menjelang akhir tahun ajaran baru di bulan April 2022, juga Musyawarah Cabang IGABA segera diadakan mengingat telah terlaksananya Musyda IGABA pada 28 Februari lalu.

Tausiyah Ketua PDM Sukoharjo, Wiwaha Adji Santosa, S.Pd. dalam Rakor PDA Dikdasmen Sukoharjo

Selain penyampaian informasi, Rakor kali ini turut mengundang Ayahnda Wiwaha Adji Santosa, S.Pd., Ketua PDM Sukoharjo untuk memberikan Tausiyah. Dalam Tausiyahnya Wiwaha memberikan semangat dan motivasi agar Ibu-ibu jeli mengamati dan mengikuti setiap perkembangan. Muhammadiyah yang sebenarnya menjadi tumpuan harapan, tetapi sekaligus menjadi cacian. Posisi Muhammadiyah di tengah situasi tak menentu di negara ini harus dipahami dari tingkat Ranting sampai Pusat. Jangan kendor untuk berdakwah sampai ke pedesaan.

Ia mengajak semua warga Muhammadiyah agar tetap mempererat persaudaraan sebagaimana surat Al Hasyr ayat 10. Tidak hanya itu, Wiwaha sangat mewanti khususnya guru-guru IGABA yang memiliki tugas tidak ringan yakni membentengi anak dari pengaruh konten media yang tidak bertanggungjawab.

Akhir Tausiyah yang menjadi kalimat kunci, ia pesankan “Jo gampang katut konco anyar. 'Aisyiyah harus kuat karena di telapak kakimu terbentang surga”.

Rangkaian kegiatan terlaksana dengan lancar dan berakhir pukul 14:32 WIB.

Kontributor : Fitri Shofiana, Majelis Dikdasmen PDA Sukoharjo.

Shared Post: